Contoh Pidato Hari Sumpah Pemuda Terbaru

Advertisement
Contoh Pidato Hari Sumpah Pemuda Terbaru – Hari Sumpah Pemuda jatuh pada tanggal 28 Oktober dan termasuk dalam hari nasional yang selalu kita rayakan. Sumpah Pemuda merupakan suatu tonggak sejarah dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia. Kita tahu sebelum terjadinga Kongres Pemuda I dan II, Indonesia selalu bergerak kedaerahan sehingga kurang terjadinya persatuan dan juga kesatuan. Oleh sebab itu para pemuda bergerak untuk merumuskan rasa persatuan di antara semua daerah. Indonesia terdiri dari ribuan pulau sehingga harus digalakan rasa persatuan dan demi memperingati Hari Sumpah Pemuda kami siapkan Pidato Hari Sumpah Pemuda yang kami suguhkan secara lengkap dan tentunya secara tuntas di aleshanews. Berikut ini merupakan Contoh Pidato Hari Sumpah Pemuda Terbaru:



PIDATO HARI SUMPAH PEMUDA

Assalamualaikum Wr. Wb
Bismillah hirrohmannirohim. Alhamdulillahirobbil ‘alamin, wabihi nasta’in ‘ala umuriddunya waddin, ashsholatu wassalamu’ala asrofil ambiyaa iwal mursalin sayidina Muhammadin,wangala alihi wasahbihi ajmangin, amabadu.

Bapak Kepala Sekolah SMK yang terhormat.
Bapak- bapak,ibu- ibu yang saya hormati.
Para siswa kelas 10, 11, 12 yang dimulyakan Allah.

Dalam suasana yang sangat cerah ini, marilah kita bersyukur kepada Allah SWT, dengan mengucapkan Tahmid yang sebanyak- banyaknya yakni ucapan Alhamdulillah, karena hanya dengan rahmat, ni’mat dan taufik serta hidayah Nya semata, sehingga kita bermuwajjahah disini untuk memperingati hari bersejarah yaitu Hari Sumpah Pemuda.

Semoga shalawat serta salam tetap terlimpahkan kepada pemimpin besar dunia, yakni Nabi Muhammad SAW kepada keluarga dan para sahabat beliua serta pengikut semua ajaran beliau. Karena lantaran beliaulah, sehingga kita memperoleh pendidikan agama islam, yang mana dengan islam lah kita bisa membedakan antara perkara yang haq dan batil.

Bapak- bapak, ibu- ibu khususnya para pemuda yang berbahagia! Apakah sebenarnya yang mendorong kepada kita sebagai generasi penerus sehingga kita dianjurkan memperingati hari sumpah pemuda ini? Untuk memperoleh jawabannya, marilah kita simak kembali peristiwa yang berhubungan dengan hari sumpah pemuda, sebelum terjadi kesepakatan sumpah pemuda, yang tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1928 di Jakarta, disaat itu kebanyakan organisasi- organisasi pemuda merupakan perkumpulan yang bersifat daerah saja. Diantaranya ada organisasi pemuda khususnya Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, Jawa dan lain sebagainya. Namun setelah sadar, bahwa mereka sangat dituntut untuk menggalang persatuan seluruh bangsa tanpa membeda-bedakan suku, sehingga saat itu mereka mengadakan kongres di Jakarta tepatnya tahun 1926, yang dikenal dengan sebutan Kongres Pemuda I. Selanjutnya selang dua tahun, mereka mengadakan kongres lagi, tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1928 yang disebut dengan Kongres Pemuda II, tepatnya juga di Jakarta. Adapun isi sumpah pemuda tersebut adalah: SATU NUSA, SATU BANGSA DAN SATU BAHASA. Dengan semangat yang membaja karena cinta tanah air maka para pemuda bertekad bersama- sama untuk membebaskan Negara kita dari cengkraman para penjajah serta membebaskan dari kebodohan.

Bapak, ibu hadirin sekalian serta para pemuda yang berbahagia! Dalam Kongres Pemuda II tepatnya pada hari sumpah pemuda saat itu dikumandangkan lagu Indonesia Raya yang pertama kali. Hal tersebut merupakan suatu kebanggaan bagi kita yang tiada duanya dan takkan bisa ditemui di Negara manapun, kecuali hanya di Negara Indonesia tercinta ini, yang mencerminkan semangat persatuan bagi para pejuang bangsa kita. karena nama Negara, bangsa, bahasa dan tanah air kita adalah Indonesia. Inilah yang sulit ditemukan di Negara- Negara lain, hanya bisa ditemukan di Indonesia.

Bapak, ibu serta para pemuda yang berbahagia! Dengan semangat sumpah pemuda yang tengah kita peringati ini, kami menghimbau kepada para pemuda sebagai generasi penerus para pejuang yang telah gugur sebagai kusuma bangsa atau yang masih hidup. Marilah kita ciptakan persatuan, baik dari organisasi pemuda manapun, serta kita tingkatkan hubungan persaudaraan dan kesetiakawanan dalam mengisi pembangunan yang tengah menghadapi tinggal landas yang membutuhkan persiapan mental kita bersama.

Ditangan kalianlah nasib Negara kita ini, oleh karena itu mulai detik ini, kalian sebagai kaum muda, bersiap – siap untuk memegang kepemimpinan dan meneruskan perjuangan dari para generasi tua. Berusahalah untuk lebih giat mewujudkan cita- cita Negara adil, makmur loh jinawi yang di ridhoi oleh Allah SWT sebagaimana dikatakan oleh sesorang pujangga Islam: Musthafa Al – Ghulayani yang berbunyi: “Sesungguhnya ditangan para pemudalah urusan bangsa dan Negara dan telapak kaki merekalah maju mundurnya suatu bangsa dan Negara.”

Hadirin sekalian serta para pemuda yang berbahagia! Mulai peringatan Hari Sumpah Pemuda ini, marilah kita pandai- pandai mengambil hikmah untuk kita jadikan bekal dalam mengarungi samudera kehidupan sebagai generasi penerus untuk lebih giat dan aktif dalam mengisi kemerdekaan dengan melestarikan serta melangsungkan pembangunan Negara dan bangsa demi terwujudnya Negara adil dan makmur serta memperolah ridho dan pengampunan dari allah, sebagai mana sering disebutkan dalam bahasa arabnya: BALDATUN THAYYIBATUN WARABBUN GHAFUURUN.

Demikian yang bisa kami subangkan, dalam menyambut Hari Sumpah Pemuda, mohon maaf atas segala kekurangan dan kekhilafan dan kami akhiri WABILLAHITAUFIQ WAL HIDAYAH, WASSALAAMU ‘ ALAIKUM RW. WB.

Demikian merupakan pembahasan tentang Contoh Pidato Hari Sumpah Pemuda Terbaru semoga dapat memberikan manfaat pada anda yang ingin membacakan pidato di suatu acara misal sekolahan atau di kantor. Dengan semangat sumpah pemuda ini di harapkan kita sebagai generasi penerus bangsa harus menjaga keutuhan NKRI dan mengisi kemerdekaan bangsa. Kita harus mengisi kemerdekaan dengan cara yang baik seperti melakukan hal- hal yang bermanfaat bagi semua orang dan untuk para pejabat harusnya mengisi kemerdekaan dengan bekerja secara ikhlas dan tentunya tidak melakukan korupsi (Baca: Mengenal Maksud Tanda Centang di BBM).