Contoh Pidato Menyambut Hari Pendidikan Nasional

Advertisement
Tanggal 2 Mei merupakan Hari Pendidikan Nasional yang diperingati setiap tahun sekali, karena dalam tanggal tersebut merupakan sejarah lahirlah sang Pendidikan di Indonesia yang bernama Ki Hajar Dewantoro. Dalam menyambut Hari Pendidikan Nasional bagi yang sedang bingung dan mencari bahan referensi Contoh Contoh Pidato Menyambut Hari Pendidikan Nasional di Aleshanews telah disediakan. Contoh Pidato Menyambut Hari Pendidikan Nasional harusnya menggunakan bahasa yang formal dan juga sopan, materi yang disampaikan juga harus membahas tentang sejarah pendidikan di Indonesia dan juga dorongan semangat kepada siswa- siswa karena siswa- siswi di Indonesia merupakan generasi yang disiapkan untuk membangun bangsa Indonesia untuk lebih lagi.



Berikut ini merupakan Contoh Pidato Menyambut Hari Pendidikan Nasional yang baik dan benar:

Saudara- saudara sebangsa setanah air khususnya pelajar, sebagai tunas- tunas bangsa dan para Pendidik yang berbahagia.

Kini kita berada dalam bulan Mei tepatnya tanggal 2 Mei kita bersama memperingati Hari Pendidikan Nasional.

Sebagaimana kita ma’lumi bahwa masalah pendidikan sangat penting bagi kita, karena fungsi pendidikan adalah untuk menyiapkan kader- kader penerus dan pewaris cita- cita bangsa Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Untuk itu perlulah kami sampaikan tujuan Pendidikan Nasional, antara lain:

a. Meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
b. Meningkatkan kecerdasan dan ketrampilan.
c. Mempertinggi budi pekerti.
d. Memperkuat kepribadian.
e. Mempertebal semangat kebangsaan.

Tujuan Pendidikan Nasional yang pertama adalah meningkatkan ketaqwaan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, yaitu dengan menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya. Sebab yang paling mulia di antaramu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa. Sesuai dengan firman Allah yang artinya:

BARANG SIAPA YANG BERTAQWA KEPADA ALLAH, MAKA ALLAH AKAN MEMBERIKAN KEMUDAHAN DALAM URUSANNYA.

Tujuan kedua adalah meningkatkan kecerdasan dan ketrampilan, maka jadilah manusia Indonesia yang cerdas dan terampil, sesuai dengan bakat saudara- saudara.

Tujuan ketiga adalah mempertinggi budi pekerti walau tinggi kedudukan seseorang, pandai dan kayanya seseorang, dan tampan atau cantiknya seseorang bila tidak memiliki budi pekerti yang baik tidak artinya.

Tujuan keempat adalah memperkuat kepribadian. Kepribadian sendiri hendaknya betul- betul dipertahankan, kepribadian menurut kaidah- kaidah Pancasila.

Tujuan Pendidikan Nasional yang terakhir adalah mempertebal semangat kebangsaan, agar dapat menumbuhkan manusia- manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya sendiri serta bersama- sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa.

Selanjutnya terhadap pelajar, hendaklah para pelajar lebih tekun dalam belajar, sebab ilmu yang belum kamu capai masih banyak. Jadilah manusia- manusia yang cerdas, terampil dan berbudi luhur.

Kemudian dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional ini marilah kita mengheningkan cipta yang ditujukan kepada arwah Almarhum Bapak KI HAJAR DEWANTORO, Bapak Pendidikan Nasional yang banyak jasanya dalam membina Pendidikan Nasional. Seraya kita mohon kepada Tuhan semoga arwah Almarhum diterima di sisinya.


Amin.
Terima Kasih