Kenapa Kita Harus Melaksanakan Aqiqah

Advertisement
Aqiqah adalah suatu ajaran Islam yang dicontohkan Rasullulah SAW yang mengandung hikmah dan manfaat positif yang bisa kita petik di dalamnya, oleh karena itu kita sebagai umat Islam sudah selayaknya untuk melaksamakan setiap ajaran- ajaran tanpa terkecuali termasuk Aqiqah ini.



Kenapa Kita Harus Melaksanakan Aqiqah adalah supaya ibadah kita diterima Allah SWT sebagai amal sholeh yang insya Allah menjadi simpanan kita diakhirat hendaknya ibadah kita sesuai tuntunan Rasullulah baik dalam waktu pelaksanaannya ataupun dalam cara pelaksanaanya oleh karena itu penting bagi kita untuk memahami kembali makna aqiqah yang sebenarnya yang diajarkan Rasullulah SAW, agar tidak salah dalam melaksanakannya.

Kenapa Kita Harus Melaksanakan Aqiqah karena menurut para Fuqoha berbeda pendapat dalam hal ini, ada yang wajib, sunnah Mu’aqadah dan ada yang menolak Aqiqah ini disyariatkan. Pendapat yang terakhir ini adalah pendapat ahli Fiqh Hanafiah, adaupun yang berpendapat wajib adalah diantaranya Hasan Basri, Al- Laits, Ibnu Saad, dll. Sedangkan yang berpendapat sunnah Mu;aqadah adalah sebagian besar ilmu Fiqh dan Ijtihad diantaranya adalah Imam Malik, Imam Syafi’I,dan Imam Ahmad dll.

Dalam melaksanakan Aqiqah dan Kenapa Kita Harus Melaksanakan Aqiqah adalah waktu yang diutamakan untuk melaksanakan Aqiqah adalah pada hari ke- 7 darim kelahiran, adaupun kalau belum bisa, boleh kapan saja hari ke 14, 21, atau kapan saja ia mampu.