Pengertian Pidato, Macam, Metode dan Kerangka

Advertisement
Pengertian Pidato - Bagi anda pasti sudah melakukan pidato baik itu di sekolah atau di lingkungan kerja atau masyarakat, pengertian pidato adalah suatu bentuk komunikasi lisan atau berbicara, berorasi didepan umum untuk menyampaikan pendapat atau gagasan gambaran dalam suatu hal. Dalam melakukan pidato harus memperhatikan unsure- unsure seperti intonasi seperti tempo panjang pendeknya dalam melakukan ucapan. Serta dalam melakukan pidato harus memperhatikan mimik supaya apa yang disampaikan dalam pidato dapat tersampaikan dengan jelas.



Macam Pidato 
Dalam pidato banyak terdapat macam- macam pidato yang perlu kita ketahui dengan baik, karena sebelum kita membuat isi sebuah pidato kita harus mengetahui jenis atau macam pidato berdasarkan tujuannya. Berikut ini merupakan macam pidato berdasarkan tujuannya:

• Pidato bertujuan Mendorong
Dalam pidato ini bersifat persuasif sehingga pesan yang ingin disampaikan dalam pidato ini bertujuan untuk sebagai inspirasi atau membangkitkan semangat.

• Pidato bertujuan Bertindak
Dalam pidato ini bersifat persuasif dan argumentasi sehingga pesan yang ingin disampaikan agar para pendengar pidato meyakini atau menyetujui pembicaraan isi dalam pidato.

• Pidato bertujuan Mengajak
Dalam pidato ini bersifat persuasif sehingga pesan yang disampaikan agar pendegar dapat melakukan tindakan atau perbuatan sesuai isi yang dibicarakan dalam pidato tersebut.

• Pidato bertujuan Memberitahukan dan Mengabarkan
 Dalam pidato ini bersifat instruktif dan informatif sehingga pesan disampaikan kepada pendegar adanya pengertian atau pemahaman.

• Pidato bertujuan Menyenangkan atau Hiburan
Dalam pidato ini bersifat reaktif sehingga para pendengar pidato bisa terhibut atau gembira setalah mendengar isi tentang pidato tersebut.

Metode Pidato
Dalam melakukan pidato ada cara atau metodenya supaya kita dalam melakukan pidato bisa berhasil dan sukses. Berikut ini merupakan metode pidato:
• Impromptu : dalam melakukan pidato menggunakan cara spontanitas biasanya pidato tersebut bersifat secara mendadak sehingga tanpa persiapan.
• Menghafal : dalam melakukan pidato tanpa teks, dalam melakukan metode ini biasa pembicara pidato membuat naskah pidato terlebih dahulu kemudian menghafalnya.
• Naskah : dalam melakukan pidato membaca naskah yang sudah disiapkan atau dibuatnya.
• Ekstemporan : merupakan suatu jalan tengah atau uraian yang akan disampaikan dalam pidato sebelumnya dipersiapkan kerangka pidato kemudian dalam kerangka pidato tersebut dikembangkan dalam menyampaikan pidato.

Kerangka Pidato
Dalam membuat naskah pidato kita harus mengetahui kerangka pidato dengan baik seperti bagian pembuka sampai dengan penutupan. Berikut ini merupakan kerangka pidato:
• Pendahuluan : uraian yang bertujuan untuk mempersiapkan kepada para pendengar pada suatu pokok permasalahan yang akan disampaikan.
• Isi : gagasan atau isi yang akan disampaikan.
• Penutup : berisi tentang rangkuman pembahasan, ajakan atau penegasan kembali sesuai isi pidato tersebut.

Demikian merupakan Pengertian Pidato, Macam, Metode dan Kerangka yang kami jelaskan dalam aleshanews ini. Pidato merupakan hal yang sangat penting bagi anda yang sedang sekolah karena di sekolah biasanya ada ujian membaca atau berpidato sehingga dengan penjelasan diatas bisa bermanfaat. Selain itu pidato juga penting bagi anda yang bekerja dalam lingkungan desa, kecamatan atau hingga pemerintahan sehingga diperlukan pemahaman tentang pengertian pidato, macam pidato, metode pidato dan juga kerangka pidato (Baca: Contoh Pidato Ucapan Terima Kasih (Misalnya Menerima Bantuan)).