Pengertian, Peserta dan Macam- Macam Diskusi

Advertisement
Pengertian diskusi – Bagi anda yang sudah sering diskusi di sekolah, kampus atau ditempat kerja tetapi apa anda sudah mengerti apa yang disebut dengan diskusi. Terkadang kita sering melakukan diskusi namun dalam kenyataannya kita tidak memahami arti diskusi tersebut. Diskusi adalah suatu bentuk komunikasi lisan dengan cara bertukar pikiran, gagasan atau ide dalam mencapai suatu kesepakatan. Dalam melakukan diskusi juga harus terdapat peserta diskusi seperti halnya moderator. Dalam diskusi tidak ada moderator terkadang dalam melakukan diskusi pasti akan terjadi keributan tentang pendapat- pendapat yang berbeda. Dengan adanya moderator semua idea tau gagasan bisa terkumpul dengan baik sehingga jalannya diskusi menjadi lancar dan membuahkan hasil kesepakatan. Berikut ini merupakan Peserta Diskusi:



• Moderator
Syarat- syarat menjadi moderator adalah mengetahui tentang tata cara aturan diskusi tersebut, menghargai pendapat, gagasan, ide pembicara, dan juga adil.

• Peserta (Pendengar atau penonton)
Syarat- syarat peserta diskusi harus mematuhi aturan yang berlaku dalam diskusi, aktif dalam menyumbangkan gagasan pemikiran, berani berbicara, menghargai pendapat gagasan orang lain.
• Penyaji
• Pengunjung
• Penulis


Macam- Macam Diskusi 

• Seminar: diskusi tentang pertemuan para pakar (ahli atau sarjana) yang berusaha untuk melakukan kata sepakat dalam suatu topik permasalahan.
Contoh: seminar pendidikan, seminar motivasi

• Simposium: suatu pertemuan yang diselenggrakan untuk mendengarkan pemaparan pendapat atau saran dari para ahli tentang suatu permasalahan dalam bidang.
Contoh: simposium nasional kesehatan, simposium nasional migas

• Kongres/ Muktamar: suatu pertemuan yang dihadiri oleh para anggota organisasi (parpol, profesi dll) untuk mendiskusikan suatu permasalahan untuk mencapai kesepakatan.
Contoh: kongres partai, kongres Ikatan Senat Mahasiswa Ekonomi Indonesia

• Konferensi: suatu pertemuan dengan cara berdiskusi untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi bersama.
Contoh: Konferensi Asia Africa, Konferensi Terumbu Karang Tingkat Dunia

• Diskusi Kelompok: sutu diskusi untuk menyelesaikan masalah dengan melibatkan kelompok – kelompok kecil.
Contoh: diskusi dalam sekolah

Demikian merupakan Pengertian, Peserta dan Macam- Macam Diskusi yang kami berikan ulasannya secara lengkap dalam aleshanews. Dalam sebuah diskusi memang harus dibutuhkan para peserta supaya lebih lengkap dan diskusi berjalan dengan lancar tanpa kendala. Diskusi terkadang menguras emosi kita sehingga dalam melakukan diskusi sebaiknya kita harus bersifat sabar, rendah hati, dan tentunya menghargai pendapat atau ide peserta lain. selain itu tata cara dan sopan santun dalam diskusi harus kita patuhi. Jangan sampai ada peserta lain yang sedang mengeluarkan pendapat kita langsung potong pembicaraanya sehingga hal ini tidak baik (Baca: Pengertian Pidato, Macam, Metode dan Kerangka).