Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Advertisement
Bagi setiap orang tua memiliki anak yang makan dengan lahap merupakan hal yang senang, namun terkadang anak susah untuk makan. Pada saat disuapi anak langsung melakukan gerakan tutup mulut dan jika makan makan hanya dipih- pilih lauk atau sayurannya saja. Hal ini membuat kita sebagai orang tua harus berpikir bagaimana anak supaya makan tidak susah. Di aleshanews ini kami akan mencoba membahas Penyebab dan Juga Mengatasi Anak Susah Makan sehingga anda bisa memahami kondisi anak dan juga cara menyiasatinya supaya anak lapah untuk makan. Dan berikut ini merupakan Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan:



Tumbuhnya Gigi
Pada Anak Jika anda sedang menyuapi anak anda dan anak anda susah untuk makan sebaiknya anda bisa mengecek kondisi gigi anak anda. Biasanya dalam masa anak sedang mengalami tubuhnya gigi sehingga anak tidak nyaman untuk makan. jika anak anda dicek gusi mengalami bengkak atau kemerahan maka anda bisa membuat makanan yang halus.

Terlalu Bosan Makanan Halus
Bagi anda yang memiliki anak yang susah makan anda bisa melakukan langkah kreatif dengan mengganti makanan halus menjadi lebih kasar. Hal ini dilakuakan untuk memberikan rasa atau tekstur yang berbeda sehingga anak lebih lahap disamping itu bisa bermanfaat untuk melatih pencernaan. Lakukan secara bertahap dan melihat kondisi anak anda.

Kondisi Sakit 
Jika anak anda susah untuk makan karena kondisi sakit anda bisa membuat masakan yang hangat dan berkuah seperti sop atau sayur bening.

Terbiasa Dengan Rasa 
Jika anak anda sudah dikenalkan dengan rasa manis atau asin sebaiknya lebih dikurangi sehingga anak terbiasa kembali dengan makanan yang hambar.

Bosan Suasana Makan
Bagi anda yang sering melakukan menyuapi anak di dalam rumah dan anak menjadi susah untuk makan. Anda bisa melakukan suasana yang baru misalnya anda melakukan menyuapi anak di luar rumah di pagi atau sore hari sehingga anak bisa bermain gembira dengan makan. penggunaan mangkok atau sendo juga perlu diperhatikan terkadang anak trauma dengan sendo atau gelas yang digunakan untuk minum obat sehingga sebagai ibu harus sering mengganti mangkok atau sendok yang bervariasi.

Demikian merupakan Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan yang tentunya anda bisa praktekan di rumah. Selain penjelasan diatas menyuapi makan pada anak juga harus tepat waktu supaya anak anda tidak mencari atau membeli jajanan diluar yang efeknya sangat tidak baik (Baca: Manfaat dan Cara Membuat Minuman Seledri).