Tips Membedakan Air Mineral Asli atau Palsu

Advertisement
Saat ini banyak sekali air mineral kemasan yang beredar dipasaran dengan kualitas tidak sehat atau kemasan air mineral palsu. Di aleshanews mencoba berbagi Tips Membedakan Air Mineral Asli atau Palsu secara mudah dan tentunta sangat simple. Air mineral kemasan palsu tidak baik untuk kesehatan karena air ini tanpa melalui proses sterilisasi sehingga air ini masih terdapat bakteri, virus atau kotoran yang tidak aman bagi tubuh kita.



Beredarnya air mineral kemasan palsu yang sedang ramai saat ini perlu kita bisa mengetahui perbedaannya supaya kita bisa ditipu oleh para penjual yang tidak bertanggung jawab. Para penjual yang curang sekarang ini bisa membuat air kemasan mineral mirip dengan yang asli sehingga susah untuk membedakannya.

Menurut Pengurus Harian YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) Eliyani bahwa dari hasil uji laboratorium yang dilakukan YLKI mengindentifikasi bahwa air kemasan palsu sangat berbahaya karena terdapat kandungan zat – zat yang berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. YLKI menghimbau bagi masyarakat yang membeli air mineral dalam kemasan sebaiknya membeli ditempat yang sudah terjamin barang dagangannya. Menurut Eliyani air kemasan yang sudah terkontaminasi bisa diindetifikasi dengan 3 cara yaitu kimia, fisik, dan mikroba:

1. Fisik
Dalam melihat air mineral yang asli atau palsu kita dapat melihatnya secara fisik mulai dari warna, rasa air dan bau. Jika dikocok air kemasan tersebut menjadi keruh berarti air kemasan itu tidak aman, begitu juga jika berbau dan memiliki rasa.

2. Kimia Hanya
bisa dilakukan di laboratorium.

3. Mikroba Uji
tes air kemasan asli atau palsu ini bisa dilakukan di laboratorium karena di uji dengan menggunakan mikroskop.

Demikian merupakan Tips Membedakan Air Mineral Asli atau Palsu semoga dapat memberikan manfaat bagi anda yang sering membeli air minum dalam kemasan. Jika anda sudah membeli botol air mineral sebaiknya anda meremas atau merusak botol tersebut supaya rusak sehingga tidak dimanfaatkan oleh orang lain. Jika kita baru saja berolahraga sangat baik juga minum air putih karena sangat menyehatkan (Baca: Tips Dokter Sebelum Olahraga Jogging).

sumber: merdeka.com